Friday, November 28, 2008

Persiapan Sekolah ke Luar Negeri

Perlu persiapan matang dan panjang bila ingin menyekolahkan anak ke luar negeri.

Sebagai orangtua, Anda pasti ingin memberikan pendidikan terbaik bagi si kecil. Tak hanya ingin menyekolahkan si kecil ke sekolah atau perguruan tinggi terbaik di Indonesia, mungkin Anda ingin menyekolahkan si kecil ke luar negeri. Sekolah ke luar negeri memang memiliki beberapa nilai positif. Anda bisa memilih sekolah dengan kualitas terbaik, sekaligus memberikan bekal pengalaman kepada si kecil untuk berinteraksi dengan bermacam latar belakang budaya yang berbeda.

Sayangnya tidak mudah untuk sekolah di luar negeri. Selain biaya pendidikan yang mahal, untuk masuk ke sekolah atau perguruan tinggi dengan kualitas terbaik si kecil harus melalui seleksi yang ketat dan memiliki pengetahuan luas. Selain membekali si kecil dengan pengetahuan yang luas, Anda juga harus mempersiapkan dana pendidikan yang besar.

Hal pertama yang harus diperhitungkan adalah akan disekolahkan di mana si kecil. Berbeda negara tentu akan membutuhkan dana yang berbeda pula. Misalnya si kecil akan disekolahkan di Singapura, tentu biayanya berbeda bila ia sekolah di negara Eropa. Selain standar biaya pendidikan yang berbeda, biaya hidupnya pun berbeda. Faktor biaya hidup ini harus Anda pertimbangkan pula dengan matang, karena jumlah tidak sedikit, atau bahkan lebih besar dari biaya pendidikannya sendiri.

Kedua, perhitungkan biaya pendidikan dalam beberapa tahun ke depan. Hal ini bisa berdasarkan kenaikan inflasi di negara tersebut. Misalnya di negara Eropa yang memiliki inflasi kecil, berarti kenaikan biayanya tidak akan sebesar kenaikan biaya pendidikan di Indonesia yang memiliki angka inflasi tinggi. Hitung biaya sekarang dikalikan berapa tahun ke depan si kecil masuk dan inflasi tahunan di negara tersebut. Meski itu bukan hitungan pasti, Anda bisa mendapatkan gambaran kasar berapa kira-kira biaya pendidikan di negara tersebut dalam 10-15 tahun ke depan.

Setelah mengetahui biaya hidup dan perkiraan biaya pendidikan di negara tujuan tersebut dalam beberapa tahun ke depan, Anda tinggal menentukan investasi yang akan Anda pilih untuk mempersiapkan biaya pendidikan si kecil. Anda tidak bisa hanya mengandalkan menabung saja untuk biaya pendidikan si kecil, karena bunga yang didapat kecil. Anda bisa menggabungkan beberapa jenis investasi sekaligus, seperti reksadana hingga saham.

Yang perlu Anda pertimbangkan juga adalah investasi berbasis mata uang setempat. Misalnya Anda akan menyekolahkan si kecil di Jerman, berarti Anda harus menempatkan sebagian uang Anda untuk investasi berbasis mata uang euro, bukan dolar atau poundsterling. Investasi berbasis mata uang setempat sangat pas bila si kecil akan segera berangkat suatu saat nanti, misalnya deposito berbasis euro atau dolar.

Satu hal lagi yang tak kalah penting adalah kedisiplinan Anda dalam berinvestasi. Jangan sampai seperti listrik yang nyala dan kemudian padam saat berinvestasi. Anda harus menyisakan uang secara rutin setiap bulan agar bisa mempersiapkan dana untuk si kecil. Kedisiplinan Anda dalam menyisihkan dana pendidikan bagi si kecil merupakan kunci yang sangat penting untuk mendukung si kecil meraih cita-cita tertingginya.

No comments: